06 Mei 2009

Arti Koalisi - Haruskah Koalisi Partai ?

BY Nunung Indrianto IN , No comments

Arti Koalisi - Haruskah Koalisi Partai ?

Arti koalisi? Haruskan ada koalisi partai? Kenapa? Itulah yang sedang saya pikirkan pagi ini. Membaca detik.com, kemudian pindah ke kompas.com dan akhirnya ke blogger.com. Hehe...Koalisi antar partai sejak berakhirnya Pemilu Legislatif memang semakin marak. Artinya, Setiap hari ada saja berita tentang pertemuan antar pimpinan partai. Semuanya arahnya ke strategi pemenangan Pemilu Presiden Juli 2009. Yang saya heran...apakah sebuah keharusan ya, partai-partai itu berkoalisi? Kok di negara seperti Amerika Serikat tidak ada koalisi? Maklum...awam politik nih. Tapi gak ada salahnya kita obrolin pagi ini sambil minum kopi panas dan sepiring gorengan, rendah kolesterol tentunya.... yuuk..

Kalo saya buka di wikipedia.org, kira-kira begini :
Koalisi adalah persekutuan, gabungan atau aliansi beberapa unsur, di mana dalam kerjasamanya, masing-masing memiliki kepentingan sendiri-sendiri. Aliansi seperti ini mungkin bersifat sementara atau berasas manfaat. Dalam pemerintahan dengan sistem parlementer, sebuah pemerintahan koalisi adalah sebuah pemerintahan yang tersusun dari koalisi beberapa partai. Dalam hubungan internasional, sebuah koalisi bisa berarti sebuah gabungan beberapa negara yang dibentuk untuk tujuan tertentu. Koalisi bisa juga merujuk pada sekelompok orang/warganegara yang bergabung karena tujuan yang serupa. Koalisi dalam ekonomi merujuk pada sebuah gabungan dari perusahaan satu dengan lainnya yang menciptakan hubungan saling menguntungkan.

Jadi intinya makna koalisi itu bergabung. Dan gabungan itu mengandung 2 tujuan, yaitu tujuan yang sama, dan tujuan internal dari pihak yang bergabung. Nah, karena kita ngomong soal koalisi partai, maka koalisi itu biasanya dikatakan sebagai koalisi untuk bangsa dan koalisi untuk masa depan partai. Mungkin ada hubungannya dengan syarat Electoral Treshold yang sering dibicarakan orang. Syarat ini mengharuskan prosentase suara minimal 20% untuk bisa mencalonkan Presiden. Nah jika tidak, bisa berkoalisi, trus baru bisa mencalonkan presiden sekaligus wapresnya.

Ah, menurut saya ada yang salah. Menurut saya pribadi loh...seharusnya jika sudah tidak mencapai syarat 20% itu, ya mestinya tidak boleh lagi mencalonkan presiden. Biarkan mereka bergerak di parlemen saja. Apa karena pemerintah takut kurang kuat posisinya? Bahasa politik saya memang terlalu polos...tapi menurut saya, yang terjadi saat ini adalah ketakutan untuk maju sendiri dan takut 'dikeroyok' oleh oposisi di parlemen. Ini kan sudah ngomong kekuasaan. Katakanlah hanya partai Demokrat yang berhak mengajukan presiden. Lantas kenapa? Memang bgt-kan peraturannya. Kenapa embel2 harus berkoalisi mesti ada? Semoga paham maksud saya. Apa khawatir, kabinet nanti kurang kuat sehingga sulit menjalankan roda pemerintahan? Saya kira memang ada yang salah di negeri ini.....


Gambar ilustrasi dari http://bunghaw.files.wordpress.com.

0 comments:

Poskan Komentar

Bagaimana pendapat Anda tentang tulisan di Blog Nindrianto ini? Speak up your mind...

It's Me !