03 Mei 2009

BISNIS PAID REVIEW, APA ITU

BY Nunung Indrianto IN 2 comments

bisnis paid review apa itu

Lagi-lagi saya membahas soal Bisnis Paid Review, apa sih?. Semoga tidak bosan, ya..Bukan apa-apa, tema kita kali ini adalah langkah mudah berbisnis internet dari Paid Review atau PTR. Sebelumnya, salam hormat dan angkat topi (sambil berdiri nih) buat para senior-senior yang telah banyak memberikan ilmu dan telah saya curi ilmunya...hehehe.


Cara Mudah Bisnis Internet Paid Review:

Langkah awal Anda adalah punya blog. Jika belum, lebih baik Anda beli domain murah. Mendaftar blog hari ini tentu tidak bisa langsung bermain bisnis paid review. Karena itu, diusahakan blog yang sudah memiliki Page Rank, dan jika bisa lagi, PR-nya diatas 3. Kenapa, pengalaman saya, Blog dengan PR 1-2, jatah jobnya sedikit, dan nilainya kecil.

Langkah -2 adalah Mendaftar Paypal. Karena hampir semua broker akan mengirimkan uang kita atau payment melalui Paypal, sebelum kita withdrawn atau cairkan ke bank kita di Indonesia.

Langkah -3 adalah Daftar di broker-broker Bisnis Paid Review, seperti Blogsvertise (BV), SponsoredReviews (SR), BuyBlogReviews (BBR), BlogToProvit (BTP), Payingpost (PP), ReviewMe (RM), Smorty (SM) atau PayperPost (PPP). Wah, banyak ya...Karena itulah, terbuka peluang buat para blogger untuk mencicipi kue bisnis postingan berbayar ini. Cara daftarnya, klik aja masing-masing nama program di atas. Kemudian ikuti petunjuk yang ada.

Langkah -4 adalah berdoa dan berharap agar blog Anda diapprove atau diterima. Tetapi biasanya yang paling mudah diapprove adalah BV. Sedangkan yang lainnya lumayan ketat. Dari soal PageRank, bahasa yang digunakan (Jenis dan tata bahasanya), layout, hingga popularity dan tingkat visitor. Secara umum syarat dari blog diapprove adalah umur blog minimal 3 bulan, bahasa Inggris (meskipun ada yang menerima bahasa Indonesia), PageRank-PR, dan popularity (disini ada Alexa, Technorati dan Visitor). Jika semua mencukupi, maka kemungkinan diterima adalah besar. Setelah itu Anda tinggal menunggu dan berharap, job segera datang. Sebenarnya cara bisnis paid review ini butuh kesabaran dan keuletan, tapi mengasyikkan. Karena blog yang kita kelola dengan benar, tentu akan lebih berpeluang mendapat ranking bagus pada penilaian broker dan advertiser, sehingga bisnis blog Anda sukses!

Langkah ke-5, seperti disebutkan sebelumnya, menunggu dan berharap mendapatkan job review. Selama menunggu ini, ada beberapa broker yang memberlakukan sistem Bidding untuk mendapatkan job. Artinya, kita melakukan penawaran dulu atas job-job yang dianggap sesuai dengan blog kita. Namun ada juga broker yang langsung mengirimkan job ke kita, via imel. Biasanya Blogsvertise langsung mengirimkan kita imel.

Langkah ke-6, segera kerjakan job review dan submit. Broker akan menyukai blogger yang mengerjakan job secara cepat dan benar. Kenapa? Karena dengan begitu, broken akan menganggap responsibility atau tanggung jawab kita baik. Dan ini ada kredit point sendiri. Jika Anda belum mampu Anda bisa memanfaatkan para penulis content review. Biayanya murah kok. Harga biasanya adalah 1 dolar tiap 100 kata. Padahal nilai job antara minimal 5 dolar, tapi ini jarang. Yang sering antara 9-15 dolar (untuk blog yang biasa-biasa saja). Jadi masih untung kan?

Sekarang sudah sedikit paham dong, seluk beluk dan cara bisnis paid review kan? Sukses ya..

2 komentar:

  1. "Broker akan menyukai blogger yang mengerjakan job secara cepat dan benar."
    Bener banget mas, tapi kalo publisher pengen $$$ yg cepet

    BalasHapus

Bagaimana pendapat Anda tentang tulisan di Blog Nindrianto ini? Speak up your mind...

It's Me !