17 Mei 2009

Kenapa kita butuh istirahat?

BY Nunung Indrianto IN 4 comments

Pagi tadi, aku menulis status di Facebook dengan kalimat: "Setelah senin s/d sabtu santai, sekarang (hari minggu) saatnya untuk istirahat". Ada yang komentar, istirahat setelah bersantai-santai? ada juga yang mengacungkan jempol dengan status ini, dan ada juga yang bertanya. Kok bisa? Mungkin pertanyaan iseng. Namun aku berfikir, ada baiknya memang aku mempertanggungjawabkan status Facebook ini. Kok jadi serius ya? Ndak juga, mungkin memang dari sini ada topik yang ingin aku tulis di blog ini. Kenapa kita butuh istirahat?

Istirahat memang sebuah kata yang enak didengar dan dilakukan. Jika istirahat dilakukan dengan porsi yang sesuai, maka tentu akan memberikan suasana yang baru pada kita. Saya kira, aplikasi kata istirahat ini sangat luas. Bisa manusia, bisa juga alat. Bahkan dalam sholat, ada duduk istirahat, ketika kita akan berdiri setelah sujud kedua. Apa sih makna dan hakikat istirahat? Nah, soal ini biar para ahlinya deh yang nulis. Yang jelas, menurut pengertian saya, secara bebas saja deh, istirahat adalah kegiatan perantara, dari kegiatan rutinitas satu kepada kegiatan berikutnya. Kenapa ada kegiatan rutinitas? Iya donk...karena oh karena, rutinitas itulah yang membutuhkan istirahat. Dengan istirahat, orang akan bisa mengganti suasana hati, mengendorkan urat syarat, menurunkan tekanan darah dan sebagainya.

Dan ternyata tidak semua istirahat diperlukan karena kita telah bekerja atau sibuk dengan berbagai aktivitas. Istirahat juga dibutuhkan ketika kita tidak ada aktivitas apapun, secara ekstrem. Jika bekerja membutuhkan istirahat, maka bagaimana dengan kegiatan bersantai-santai...? Tentunya dan pastinya iya. Karena bersantai terus-terusan tentu capek juga kan? bayangkan saja...bila hari senin sampai sabtu kita bersantai terus...kan capek juga...karena itu, perlu istirahat...nanti, kalau sudah tidak capek..bisa bersantai lagi....hihi.

Sebuah tulisan di blog teman tentang curhat keseharian, lumayan menarik untuk disimak...
Terkadang ketika hidup berada di jalur yang monoton, kita harus melewati batas-batas itu agar tidak bosan. Disaat kita memiliki waktu untuk tak melewati jalan pintas yang biasanya kita lalui, ada kalanya kita berjalan melewati jalur memutar yang jauh untuk melihat sesuatu yang menarik yang tengah menanti di jalan.
Jalur apa yang dimaksud....itulah : ISTIRAHAT...

Silakan istirahat dengan santai dan nyaman ya...:)

gambar : halaqohdakwah

4 komentar:

  1. Ya karena kita manusia...
    Kalau doraemon atau Power Rangers ya ga' butuh istirahat...
    Setuju g boz?

    BalasHapus
  2. hehehe..
    betul juga sob.. kalo istirahat2 terus lama ya capek juga.. :P

    BalasHapus
  3. kamu pintar.tak kopi dikit ya!

    BalasHapus

Bagaimana pendapat Anda tentang tulisan di Blog Nindrianto ini? Speak up your mind...

It's Me !