29 Mei 2009

STRATEGI KAMPANYE PILPRES 2009 : PILIH YANG MANA?

BY Nunung Indrianto IN , No comments


Pilpres 2009 sudah dekat. Kampanye Pilpres sudah terdengar. Masing-masing tim sukses sudah bergerak dan terlihat saling seras.Membuat perang kampanye yang sebenarnya belum dimulai sudah terasa panas. Ada yang sudah saling sindir, bahkan ada yang sudah menyerang secara vulgar. Kampanye Pilpres 2009 kali ini memang seru, karena para kontestan yang terdiri dari SBY-Boediono, JK-Wiranto dan Mega-Prabowo adalah sama-sama berpeluang besar.

Mau tahu ragam model kampanye para capres-cawapres sekarang?

1. SBY-JK : Iklan di TV, dan media lainnya, umumnya memakai slogan "LANJUTKAN!" Bahkan ada satu iklan TV yang memakai theme song/jingle iklan sebuah produk mie. Kurang tahu bagaimana latar belakang penggunaan jingle iklan mie, yang jelas, jingle ini sudah dihapal sekali oleh pemirsa se tanah air. Isu yang mereka bawa dalam strategi kampanyenya adalah kesejahteraan rakyat, penegakan hukum, prospek demokratisasi, dan pemerintahan yang bersih.

2. JK-Wiranto : Pasangan capres-cawapres ini terbentuk paling awal. Mereka mendeklarasikan pasangan koalisi ini di Tugu Proklamasi. Mungkin, mereka akan membawa nilai-nilai para proklamator kita dahulu. Nilai-nilai kebangsaan dan nilai-nilai kerakyatan. Simbol dari pasangan Soekarno-Hatta. Namun sejauh ini tidak ada issu konkret yang mereka bawa. Beberapa kesempatan terlihat, JK-Wiranto mengadakan dialog dan pidato didepan pasar tanah abang dan pasar klewer. Juga sempat berdialog dengan kelompok pengusaha dan jajaran Kadin dan satu terobosan lainnya adalah banyaknya para pensiunan Perwira TNI yang merapat untuk mendukung pasangan ini. Nah, satu lagi yang seru hari-hari terakhir, adalah isu jilbab. Pasangan ini rupanya mengambil issu sensitif ini untuk menarik simpati pemilih dari golongan Islam. Memang istri dari kedua calon ini sama-sama berjilbab. Entah suatu kebetulan atau bukan tapi inilah kenyataan. Dan nyatanya kemudian, dijadikan konsumsi politik dan materi kampanye oleh tim sukses JK-Win.

3. Mega-Prabowo: Pasangan terakhir ini yang juga paling banyak dibicarakan orang. Kenapa ya? Karena memang paling kontroversial. Loh? Iyalah, dari proses berkoalisi Mega-Prabowo, kemudian dari sosok masing-masing; dan terakhir adalah ketika deklarasi. Deklarasi pasangan capres-cawapres Mega-Prabowo memang sedikit unik, jika tidak ingin dikatakan nyeleneh. Bagaimana tidak, mereka memilih lokasi pembuangan sampah terakhir Bantar Gebang Bekasi untuk mendeklarasikan majunya mereka ke persaingan Pilpres 2009. Lantas isu apa yang dijadikan senjata kampanye pasangan ini ya? Sebenarnya jargon Mega dari PDIP adalah sudah sangat dikenal masyarakat yaitu: partainya wong cilik, dan Mega disebut Prabowo sebagai Ibunya wong cilik. Entah bagaimana penjabaran konkretnya, kita tunggu saja ya. Namun dalam soal visi, sepertinya ide-ide Prabowo dari Gerindra lebih kental dan lebih masif. Seperti halnya perekonomian rakyat, kembalikan ekonomi pedagang pasar tradisional, petani dan nelayan.

Jadi berikutnya, mari kita tunggu saja....

0 comments:

Posting Komentar

Bagaimana pendapat Anda tentang tulisan di Blog Nindrianto ini? Speak up your mind...

It's Me !