26 Januari 2016

Bisnis Apa Yang Enak

BY Nunung Indrianto IN , 8 comments

Bisnis yang enak
Pertanyaan Bisnis Apa yang Enak. Biasanya itu adalah pertanyaan ketika seseorang sedang diskusi soal pekerjaan. Apalagi jika suasana di kantor sedang kusut, dalam suasana ketidakpastian, uncertainty period. Maka di sela-sela break biasanya ada diskusi-diskusi kecil..ah memang lebih enak bisnis saja, atau ya begini resiko jadi karyawan swasta dan banyak lagi yang lainnya. Dan jika ada pernyataan, eh ayuk bisnis saja, maka pertanyaan berikutnya adalah Bisnis apa yang enak?

Ada yang bisa jawab? Jangan dijawab wani piro ya...
Bisnis yang enak adalah....bisnis kuliner! Hehe, enak bisa makan terus. :) Ada lagi jawaban bisnis yang enak itu yang gak ikutan ngurusin bisnis, taunya terima setoran. Hah, enak dong? Ada lagi yang menjawab, bisnis yang enak itu ya bisnis makelar. Kenapa, karena makelar biasanya tidak akan rugi. Paling rugi ongkos doang...kesana kemari ngegolin bisnisnya. Haha. Ini mah makelar motor dan tanah ya....? :))

Lantas, bisnis apa dong yang enak? Jawabannya bisnis yang tidak dilakukan. :) Kenapa? yang gak usah dilakukan, mikir saja, diskusi, baca saja terus tentang bisnis. Enak. Gak akan rugi, gak akan capek dan pasti tidak gagal. Hihi. Saya jadi ingat dengan kata-kata seorang pebisnis handal di negeri, Bisnis apa pasti tidak rugi? Bisnis itu adalah bisnis yang tidak pernah dibuka. Ya, gimana mau rugi, buka saja belum.

So, jika anda akan berbisnis, do it saja. Duit? Iya tentu, siapkan modal dulu (modal finansial, modal mental). Kemudian siapkan bisnis jenis apa. Jasa atau produksi? Baik jasa ataupun produksi, usahakan bisnis yang akan anda lakukan adalah sesuatu yang anda sukai. Misal anda suka makan, suka icip2 masakan, maka bisnislah kuliner, atau yang berhubungan dengan kuliner. Modal bagaimana? Yang pernah saya baca, modal secukupnya dulu, semampunya. Ada juga yang bilang kalau bisa modal jangan dari uang sendiri, tapi gunakan uang dari pihak lain, misalkan pinjam dari Bank. Ah, saya kok kurang sependapat ya.... jadi intinya, jika ingin berbisnis, lakukan dengan suka, buang gengsi, modal semampunya dulu, cari pasarnya dulu, sambil berjalan cari suplier yang murah supaya harga jual bisa bersaing dan terus belajar. Percaya pada diri sendiri itu juga penting. Dan satu lagi, berdoa-berusaha-tawakkal.

Jika terus mencari jawaban, bisnis apa yang enak....maka saya ragu, bisnis anda segera terwujud. Do it saja.... (duit lagi bang? hihihi). Gimana kalo kita ngopi sore dulu...? :)


Akhir Januari,
Jelang Pulang Kantor.

8 komentar:

  1. Seringkali saya itu punya ide bisnis yang lumayan bagus tapi... eehh keduluan orang lain.

    Emang harus segera mulai. Karena orang bergerak cepat, dunia usaha berkembang cepat dan makin kreatif. Kalo gak cepat yaaa ide hanya tinggal ide :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sippp. Meskipun cepet diwujudkan, bukan berarti juga harus buru2. Tapi segera take action (tidak ngambang, gamang atau bimbang dengan ide tsb), biar idenya menjadi mengkristal hingga pada titik tertentu, lakukan eksekusi ide-nya. #begitulah

      Hapus
  2. te o pe be ge te
    bismillah...masuk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. masuk kan? alhamdulillah....
      maap, ini siapa ya? :D

      Hapus
    2. udah terasa kan masuk nya??:D

      Hapus
  3. Di sekitar rumah saya (Wage Sidoarjo) sekarang lagi booming bisnis warung kopi. Sepanjang perjalanan dari rumah ke jalan raya ada belasan warkop dan semuanya rame. Heran juga kenapa bapak2 ini pada seneng ngopi di warung. Apa gak disediakan yak dirumah.... hehehe

    Saya jadi terinspirasi suplai klethikan dan nasi bungkus ke warkop nih mas... piye mas menurut sampeyan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas Adi, tentu ide sampeyan bagus bgt. tinggal disurvey lagi kira2 yang belum ada apa, atau yg disukai bapak2 yg sering nongkrong itu. nggak perlu tll rumit2. yang umum2 saja. nasi bungkus oke jg, biasanya ada juga kan di warkops2 daerah sidoarjo? gak perlu banyak2 dulu, sambil jalan pasti ketemu celah2nya. Goodluck yaa...jgn lupa jg berdoa-usaha-tawakkal :)

      Hapus
  4. saya mau bisnis online bang wkwkwk

    BalasHapus

Bagaimana pendapat Anda tentang tulisan di Blog Nindrianto ini? Speak up your mind...

It's Me !