02 Februari 2016

Tips Sederhana Sukses Toko Online

BY Nunung Indrianto IN , , , 4 comments

Assalamualaikum.
Apakabar pembaca setia blog Nindrianto, Sharing anything? Salam sukses penuh barokah ya...
Tulisan saya kali ini tentang sharing pengalaman saya ketika menjadi penjual sepatu online. Jadi ceritanya pernah sukseslah meski tidak sesukses mbak Anne Ahira, atau mas Habibie Afsyah atau juga bung Cosa Aranda yang menjadi jawara-jawara di dunia bisnis online. Tapi gak papa dong kalau saya sharing juga ya, siapa tau ada manfaatnya buat pembaca sekalian, terutama yang akan memulai bisnis online (online shop).
Baca juga : Bisnis apa yang enak?

Online Shop / Image of www.futuready.com
Yang jelas, saat ini sudah begitu menjamur para pelaku bisnis online dari yang modal BBM atau Line hingga membuat website khusus jualan. Dari yang tidak punya barang sendiri sampai yang bermodal dengan stok sendiri. Nah bagi yang belum tahu, apa bisa jualan tanpa stok barang sendiri? Atau modal gadget dan social media seperti BBM, Facebook, Line saja? Jawabnya : tentu bisa. Bisnis ini namanya Dropshipping. Anda bisa gugling jika ingin detail tentang dropshipping. Di sini saya akan memaparkan sedikit tips untuk sukses berbisnis toko online.

Tips 1 : Temukan pasar
Lo, pasar kan di mana-mana ada? Iya. Bener sekali. Ada pasar tradisional, pasar mainan, pasar konveksi, pasar modern, pasar sembako dan sebagai sebagainya, banyak sekali. Anda harus bisa menemukan dan menentukan bisnis Anda akan masuk di pasar apa. Kenapa harus menemukan pasar terlebih dahulu? Begini alasannya. Karena di dalam memulai bisnis kita (start-up business), satu hal yang penting adalah eksekusi atau do it bukan berfikir kelamaan. Salah satu problem yang dialami para pemula bisnis adalah biasanya kita berfikir mau jualan apa ya yang bagus, yang prospek? Akhirnya didapatkan berbagai alternatif usulan produk ini, produk itu, jasa A, B dan sebagainya.
Di dalam konteks bisnis online, kita bisa meriset sendiri, kira-kira profil teman-teman online kita seperti apa. Apakah pasar anak muda masa kini, pasar para pekerja kantoran atau anak kuliahan/sekolahan dan sebagainya. Maka dari sini kita bisa menentukan produk apa yang bisa ditawarkan kepada teman-teman online kita. Bisa jual busana muslim/muslimah atau aksesoris atau juga kebutuhan sehari-hari lain, termasuk juga gadget atau tiket pesawat/kereta api atau reservasi hotel.

Tips 2 : Tentukan produk / jasa.
Setelah menemukan pasar yang akan kita bidik, selanjutnya tentukan produk yang ditawarkan. Tentukan paling banyak 2 alternatif produk saja, sebelum eksekusi. Misal barang A dan B. Okay, simpan dulu. Melangkah ke langkah berikutnya.

Tips 3 : Riset pasar
Bagaimana cara kita riset pasar? Tidak perlu ruwet-ruwet dan ribet. Karena konteks kita sekarang online, maka carilah artikel online yang membahas produk A dan B. kemudian posting di halaman Facebook atau twitter Anda. Lakukan tiap hari satu posting artikel. Kemudian analisis saja, produk apa yang paling banyak di-like atau di comment. Sehingga dari 2 alternatif produk A dan B ini, akan mengerucut menjadi satu produk yang akan kita eksekusi. Misal produk A yang paling banyak di like/comment, jadi sekarang kita fokus pada produk A ini. Abaikan saja produk B.

Tips 4 : Membuat blog/web/halaman Facebook
Setelah fokus pada 1 produk untuk dijual, sekarang kita membuat blog, dan tambahan kalau diperlukan satu halaman Facebook. Kita ambil dulu yang blog. Blog atau web mini ini bisa blog pribadi atau blog khusus jualan, terserah Anda. Bisa blog gratisan(blogspot, wordpress dll) bisa juga blog berbayar. Ini juga bebas, sama saja karena masih di zona starting (awal). Jika Anda masih nubie di dalam dunia blogging, cari saja di gugling cara membuat blog, banyak kok. OKay? setelah blog jadi, tugas kita selanjutnya adalah membuat postingan tentang seputar produk. Buatlah satu hari 1 - 3 artikel bertahap dulu, intinya tiap hari harus ada artikel baru di blog kita. Ingat jangan membuat topik yang beragam, fokus terus ke produk. Setelah artikel terposting, jangan lupa juga, share ke sosial media Anda. Bisa ke FB, twitter atau yang lainnya. Target kita adalah mendongkrak blog kita di search engine (a.k.a google).
(Baca juga yuk : Membuat Blog Bisnis Online)

Tips 5 : Riset Supplier
Hampir berbarengan dengan tips 3 dan 4 di atas, risetlah calon supplier untuk produk yang sudah Anda pilih ini. Cari harga termurah, sistem yang aman dan reputable (terpercaya). Anda bisa cari sepuasnya di forum-forum jual beli seperti Kaskus, Tokopedia, OLX dan banyak lainnya. Anda bisa test sekali dua kali dengan membeli dari calon supplier, dan usahakan ada komunikasi dengan supplier. Hingga pada titik kesimpulan, mana supplier yang pas (barang murah, sistem aman dan terpecaya).

Tips 6 : Jalin kerjasama dengan Supplier
Setelah mendapatkan supplier produk yang pas, maka jalinlah kerjasama dengannya. Hal-hal yang perlu dicatat dalam kerjasama dengan supplier di antaranya:
- harga resseler/dropshipper
- sistem pembayaran, biasanya kalau reseller kita beli barang terlebih dulu (stok barang) dan jika sebagai dropshipper, kita bayar dahulu ke supplier (tentunya setelah mendapat pembayaran dari pembeli), kemudian barang dikirim. Tetapi adakalanya ada sistem lain dari supplier.
- kualitas barang
- lokasi asal pengiriman
- ongkos kirim (terkait dengan point di atas)
- diskon untuk pembelian kuantiti
- nomer rekening
- hal garansi dan penukaran barang
- foto dan spesifikasi detail produk
- fasilitas lain dari supplier misal web replika, logo produk, update stok dan lain-lainnya.

Tips 7 : Eksekusi Jualan
Setelah tips2 persiapan di atas sudah dilakukan, maka kita siap jualan produk di toko online lewat blog atau website kita. Posting saja tiap produk lengkap dengan foto dan gambaran spesifikasi barang. Jangan lupa juga untuk mencantumkan harga dan contact kita (no hp, pin BBM, no Whatsapp, Line, halaman Facebook dll).

Tips 8 : Social Share.
Selalu menshare postingan produk di sosial media adalah hal yang wajib dilakukan untuk saat ini. Kita harus mendapat respon dari teman-teman sosial media kita.

Tips 9 : SEO marketing.
Sambil jualan, update artikel dan sosial sharing, belajarlah juga teknik-teknik SEO. Diharapkan ada kata-kata kunci yang berhubungan dengan produk kita yang menang dalam persaingan search engine. 

Tips 10 : Jalin komunikasi yang bagus dengan pelanggan.
Ini tentu tips bisnis secara umum, bagaimanapun pembeli adalah raja. Kita harus layani sebaik mungkin. Apalagi kita berjualan online, orang tidak tahu siapa kita. Kepercayaan di dunia maya adalah sebuah harta yang mahal harganya. 

Nah, bisnis online kita sudah siap, selamat berbinis, melayani pelanggan sambil ngopi sore ya... :)
(Eh sudah baca artikel tentang Kopi Kapal Api vs Aqua ? )
 
Demikian tips-tips sukses toko online, seperti yang pernah saya lakukan. Kalau ada pertanyaan atau masukan dan kritik boleh lah di submit di kotak komentarnya.... :-)

It's Me !